Sulitnya berkomentar!

Jujur saja, saya adalah orang yang males walking, walking aja malas, gimana berkomentar?

Sobat bisa cek, komentar yang saya tinggalkan di blog lain. Seingat saya, di tahun 2010 kemarin nggak nyampai 100 blog, yang saya komentarin. 50 pun kayaknya nggak nyampai.

mungkin sebagian dari sobat mengatakan, ih sombongnya ini orang? Terserah sobat mau katakan apa, tapi yang pasti saya tidak pernah niat melakukan hal-hal negatif dalam bertindak.

sulitnya berkomnlentar


Sejauh ini, saya hanya mengandalkan handphone untuk baca berita, walking, chat, fban dll.
*postingan ini saya tulis menggunakan handphone

Sebenarnya saya memiliki laptop, tapi dengan berbagai pertimbangan, saya nggak memiliki koneksi internet. Dengan itu laptop saya hanya untuk ngoding, nulis, dan belajar.

Balik ke 'sulitnya berkomentar'.
Karena platform yang saya gunakan adalah perangkat bergerak, jadi fungsi dan kemampuanya juga tidak sebanding dengan dekstop, ia kan?
Nah, sekarang 'apakah blog dan juga formulir komentar di weblog yang sobat kelolah' sudah compatible dangan semua perangkat?

Apakah bisa diakses dengan baik jika menggunakan ponsel?

Apakah tidak terjadi error, ketika mau submit komentar?

Apakah text didalam textarea tidak hilang ketika mau disubmit?

Nyamankan pembaca yang mambuka blog anda manggunakan perangkat bergerak(ponsel misal)?

Berapa waktu yang diperlukan untuk membuka blog saobat?

simplelnya ialah, jika netter mangalami kesulitan mengakses blog sobat, yang ada ialah tombol [close] akan langsung di pencet. Jaman sekarang, nggak ada yang mau ribet, semua ingin yang mudah. kan jika ada yang mudah kenapa pilih yang ribet?

just : saran


Sebaiknya hapus beberapa widget yang mungkin kurang berguna, nggak usah pasang beberapa widget yang memiliki fungsi sama.
Memperkecil size blog juga disarankan. Lainya apa lagi yah?
oia, pastikan form komentar blog sobat berfungsi dengan baik di semua prangkat yang comptible.
Khusus pengguna wordpress, sebaiknya install mobile plugins. Ya walaupun saya sendiri nggak nginstall, tapi ini sangat di rekomendasikan :)

contoh nyata


Terkadang saya menemukan beberapa blog, khususnya pengguna blogspot yang sangat sukar di akses dan kalaupun sudah terbuka, form komentarnya error(tanpa pesan), terkadang juga nggak bisa digulung, scroll.

thanks ya


Terimakasih banget buat sobat-sobat yang sudah peduli kepada netter mobile.
Sekarang itu pengguna internet mobile sangat menjamur, so apakah sobat ingin mempermudah atau mempersulit mereka?

4komentar:

  • iskandaria mengatakan...
    • Pantesan selalu komen via Opera Mini. Tapi kan bisa ngenet di warnet mas? Sementara ini blog saya pakai plugin mobilepress dulu, walaupun saya agak kurang puas dengan tampilannya. Tapi yang penting ringan ketika diakses, bisa dikomentari, dan tidak terlalu banyak menyedot pulsa/bandwidth.

  • indam mengatakan...
    • Ia :)
      Yah, emang ada warnet. Dulunya saya sering bgt online di warnet, tapi skrg udah jarang bgt.
      Biasanya 3-7 hari sekali, saya numpang di komputer sobat yang ada koneksi internetnya. Terkadang juga jadiin hp sebagai modem/ udah jrg juga kerena hp cepat pana.
      Hohoho, itulah salah satu sebab mengapa saya suka berkomentar di blognya mas is :)

  • Nurul Imam mengatakan...
    • Saya masih nggak mementingkan pengguna mobile buat tampilan blog saya

  • van mengatakan...
    • ada gak cara agar gak perlu pake kode ktika mau koment de'... koment balik

Posting Komentar

Sudah bacanya? silakan berikan opini :)

 

Simple CSS3 blogger template. Design by indam, original from Bontang, Indonesia and thanks to Ollie